Ratusan Personil Ikuti Gelar Pasukan PAM Pilkades Serentak di Taput

Ratusan personil TNI-Polri dan Satpol PP mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak, Rabu (14/7), bertempat di Terminal Tarutung.

topmetro.news – Ratusan personil TNI-Polri dan Satpol PP mengikuti apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak, Rabu (14/7), bertempat di Terminal Tarutung.

Dandim 0210/TU Lekol Inf Hari Sandra bertindak sebagai pimpinan apel. Hadir Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK MH. Lalu Staff Ahli Bidang Pemerintahan David Sipahutar mewakili Bupati, Natanael Sitanggang SH mewakili Ketua PN, Gindo Purba SH mewakili Kajari. Juga hadir, Waka Polres Taput Kompol Joni Sitompul, sejumlah OPD, camat, Kapolsek, dan Danramil sejajaran Taput.

Peserta apel terdiri dari Kodim 0210/TU 1 SSK, Polres Taput 4 pleton, dan Satpol PP 1 pleton.

Kapolres Taput AKBP kepada wartawan mengatakan, apel pergeseran pasukan pengamanan ini bertujuan untuk mencek kesiapan pasukan, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung serta pembekalan saat bertugas di lapangan.

692 Personel

Untuk pengamanan Pilkades Serentak di 42 desa di Taput, jumlah personil keseluruhnya sebanyak 692 personil. Terdiri dari Polres Taput 280 personil, Kodim 0210/TU 196 pesonil, dan Satpol PP 126 personil.

“Hari ini seluruh personil yang terlibat sudah bergeser ke desa masing-masing untuk melakukan pengaman. Untuk mengisi 96 TPS di 42 desa tersebut jumlah personil berbeda-beda berdasarkan tingkat kerawanan dan jumlah pemilih. Ada yang 6 peronil polri, 1 dari TNI dan 1 dari Satpol PP. Ada juga 4 polri, 1 TNI dan 1 Satpol PP,” urainya.

“Kita menyakinkan masyarakat, bahwa pilkades yang dilaksanakan besok, Kamis, 15 Juni 2023, harus berjalan dengan aman, lancar, dan terhindar dari gangguan,” sebut Johanson Sianturi.

Tiga Rayon

Seluruh personil yang terlibat di lapangan di bawah pengawasan perwira pengendali di masing-masing kecamatan dan pamenwas di tiap rayon.

Seluruh Kabupaten Taput di bagi 3 rayon. Yakni, Rayon 1 meliputi Kecamatan Tarutung, Sipoholon, Siatas Bsrita, Pahae Julu, Pahae Jae, dan Simangumban.

Kemudian, Rayon 2 meliputi Kecamatan Siborongborong, Parmonangan, Pagaran, dan Muara. Serta Rayon 3 meliputi Kecamatan Sipahutar, Pangaribuan, dan Garoga.

“Pada kesempatan ini, kita mengajak seluruh elemen masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung dan mensukseskan Pilkades Serentak. Kepada seluruh masyarakat gunakanlah hak pilih masing-masing. Dan jangan mau diprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat ribut,” terang Kapolres.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment